Sabtu, 07 Juli 2012

oleh : Herdian Duantoro Putro
12030111140221




Pengantar



         Teknologi informasi dan komunikasi di milenium ini smakin pesat perkembangannya. Manusia bisa dengan mudah berhubungan dengan manusia lain di berbagai belahan dunia lain. Sebut saja misalnya melalui email, jejaring social macam facebook, Tweeter dan lain-lain. Teknologi informasi dan komunikasi diciptakan manusia dengan tujuan untuk membantu manusia mendapat informasi-informasi yang dibutuhkannya untuk membantu kehidupannya. Teknologi informasi dan komunikasipun berkembang dalam kegiatan penerbangan. Salah satu produknya adalah Black Box.  Siapa sih yang gatau black box ???  Barang yang sangat dicari oleh para kru relawan penyelamat selain jenasah para penumpang  pada tragedi  kecelakaan pesawat Sukhoi Super Jet 100 pada rabu ( 9/5/2012 ) di Gunung Salak. Apa itu black box ???  kenapa begitu penting benda ini harus ditemukan dalam sebuah kecelakaan pesawat ?? dalam artikel ini saya akan sedikit mengupas dan berbagi informasi kepada para pembaca mengenai black box dengan informasi yang saya dapatkan dari berbagai sumber.

Sejarah Singkat Black Box


           Pada tahun 1953, David Warren seorang Ilmuwan Aeronautical Research Laboratory (ARL) di Australia, menggagas pembuatan sebuah alat perekam percakapan antara pilot dengan kru selama penerbangan. Hal ini terinspirasi saat sebuah pesawat jet jatuh di India dan tidak dapat diketahui penyebabnya.
           Tahun 1957, David Warren merampungkan prototip alat tersebut yang diberi nama ARL Flight Memory. Alat ini mampu merekam data percakapan antara pilot dengan kru selama 4 jam. Namun sayangnya, pihak Australia tidak berminat utk mengembangkan alat tersebut. Sehingga pada tahun 1958 Sekretaris United Kingdom Air Registration Board merasa tertarik pada prototip mesin yg diciptakan oleh David Warren.
         Warren beserta tim diminta oleh pihak Inggris membawa alat tersebut utk dikembangkan di Inggris. Alat tersebut disempurnakan dengan pembungkus kotak yang diberi nama CSMU (Crash Survivable Memory Unit). Kotak tersebut dari lempeng aluminium tipis, silika dan baja tahan karat sehingga mampu bertahan dalam berbagai keadaan ekstrim.
         Alat tersebut akhirnya laku terjual ke banyak negara utk perlengkapan pesawat terbang, sehingga pada tahun 1960 negara Australia merupakan negara pertama yang menerapkan bahwa semua pesawat terbang harus memiliki Black Box.



        Apa itu Black Box ?
Kotak hitam atau black box adalah sekumpulan perangkat yang digunakan dalam bidang transportasi - umumnya merujuk kepada perekam data penerbangan (flight data recorder; FDR) dan perekam suara kokpit (cockpit voice recorder; CVR) dalam pesawat terbang.

Nah seperti apa sih bentuk black box itu ? ibarat kata pepatah, tak kenal maka tak sayang, maka saya akan menampilkan gambar black box. Benda yang paling dicari para relawan kru penyelamat selain jenasah para korban dalam sebuah kecelakaan pesawat.





Apasih sebenarnya Fungsi black Box ?
Fungsi dari kotak hitam sendiri adalah :
1. Memberi akurasi dan koreksi terhadap kesalahan yang sering ditimpakan terhadap kesalahan     pilot atau kesalahan sistem pesawat.
2. Untuk menganalisis insiden kecelakaan supaya menjadi bahan pencegahan kesalahan di    kegiatan penerbangan selanjutnya.
3. Sebagai bukti yang penting dan akurat di pengadilan apabila terjadi kecelakaan pesawat    berencana dan di selipi oleh skandal.
4. Mencatat data dari sejumlah sensor untuk memantau informasi seperti percepatan,    kecepatan, ketinggian, posisi kontrol kokpit, termometer, pengukur mesin, aliran bahan    bakar, permukaan atur posisi, status autopilot, beralih posisi, dan berbagai parameter
     lainnya
Walaupun dinamakan kotak hitam tetapi sesungguhnya kotak tersebut tidak berwarna hitam melainkan berwarna jingga (oranye).

Kenapa Black Box justru berwarna Orange bukan hitam sesuai namanya ?
      "Black box adalah sesuatu yang hitam, diartikan sesuatu yang mengandung misteri “ tidak serta merta black box itu berwarna hitam.  Kenapa warnanya oranye? Karena itu yang paling mencolok di mata. Menurut Kasubag Pelayanan Investigasi dan Penelitian KNKT ( Komisi Nasional Keselamatan Transportasi ), Moch Haryoko beberapa waktu lalu, warna oranye ini merupakan standar yang telah ditetapkan International Civil Association Organization (ICAO)


Nah sekarang pengetahuan kita mengenai black Box sudah semakin luas kan ? lalu bagaimana sih cara kerja black box dan kenapa black box tidak hancur ketika terjadi suatu kecelakaan pesawat meskipun seluruh badan pesawat hancur berkeping – keping ?





Cara kerja Black Box    
Kotak Hitam atau Black Box ini adalah media yang nama sebenarnya Flight Data Recorder (FDR) dan Cockpit Voice Recorder (CVR) . Data dari CVR dan FDR disimpan di “memory board” di dalam CSMU (crash-survivable memory unit). Di dalam recorder yang dibuat oleh perusahaan yang bernama L-3 Communication, CSMU berbentuk silinder. Memory board berukuran diameter 4.45 cm dan tinggi 2.54 cm. Memory board mempunyai space yang dapat menyimpan 2 jam data audio CVR dan 25 jam data flight FDR. Ada sensor yang mencatat kecepatan udara, ketinggian, setting kepakan sayap, suhu luar, suhu kabin, tekanan dan lain-lainnya. Magnetic –tape recorders bisa mencatat 100 parameter dan solid-state recorders bisa mencatat 700 parameter. Data yang terkumpul dikirim ke FDAU (Flight-data acquisition unit) yang terdapat di depan pesawat terbang. Alat ini biasanya dijumpai di “electronic equipment bay” di bawah kokpit. Unit “Flight-data acquisition “ adalah yang memanage keseluruhan perekaman data dan melalui sensor mengirimnya ke “Black Box” Kedua Black box mengambil sumber tenaga dari mesin pesawat. Generator 28 volt DC dan yang satu 115 volt, 400 Hz AC.

Yang direkam Flight Data Recorder (FDR) :
1.   Waktu
2.   Pressure altitude
3.   Airspeed
4.   Kecepatan vertical
5.   Magnetic heading
6.   Posisi “control-column
7.   Posisi “rudder-pedal
8.   Posisi “control-wheel
9.   Kestabilan horizontal
10.  Aliran bahan bakar


CVR/VDR (Cockpit Voicer Recorder/Voice Data Recorder) berisi tentang semua rekaman suara antara pilot, co pilot dan semua kru penerbangan serta suara mesin, suara lainnya yg berada di dalam cockpit.





Komponen Penyusun Black Box Pesawat

Bagian – bagian dari black box
Bagian terpenting dari black box adalah CSMU kenapa dikatakan penting ? Karena Data dari CVR dan FDR disimpan di CSMU ini. Dan data dari CSMU  inilah yang nantinya  akan memberi informasi dan membantu penyidik untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada suatu pesawat hingga menyebabkan pesawat tersebut mengalami kecelakaan. CSMU di desain untuk bertahan dalam semua kondisi kecelakaan mulai dari  panas, tekanan yang besar dan berbagai macam keadaan paling ekstrim sekalipun .  kenapa CSMU dapat bertahan dalam segala kondisi ? Inilah rahasianya,  CSMU terdiri lapisan – lapisan yang didisain untuk melindungi memory di dalamnya dari efek sebuah kecelakan pesawat.
Lapisannya antara lain :

1.  Bagian paling dalam yang membungkus memory board menggunakan bahan dari alumunium, berdasarkan perbandingannya dengan material lain, seperti silicon danperak, alumunium dianggap memberikan performa yang lebih optimal. Alumunium dapat mengisolasi microchip dari bahaya kebakaran parah dan panas bersuhu tinggi.
2. Penyekat pelindung tekanan tinggi, dari material “dry-silica", ketebalan 1 inchi yang melindungi dari suhu panas yang tinggi. Melidungi memory board dari kebakaran waktu kecelakaan. Fungsi yang dimiliki penyekat ini sama seperti bagian dalam CSMU, sebagai blok termal pelindung dari bahaya kebakaran parah dan panas bersuhu tinggi
3.  Pelindung stainless-steel, yang membalut penyekat tadi dengan ketebalan 0.64 inch. Titanium dan baja juga dapat digunakan pada bagian ini, dan hasilnya lebih baik. Pelindung CSMU sengaja di buat dari material stainless-stell karena dianggap mampu untuk mengurangi dampak kerusakan intens dan tekanan yang berlebih saat terjadinya kecelakaan. Penggunaan stainless-steel juga dipengaruhi factor biaya yang lebih murah


CSMU dan Letaknya di black box dan di pesawat

Mau tau gimana tes  - tes Pada CSMU yang dilakukan sebelum CSMU dinyatakan  memenuhi syarat untuk digunakan ? dari berbagai sumber yang saya dapat tes – tes tersebut meliputi :


1.  Crash Impact, ditembakkan ke angkasa dengan meriam untuk mendapatkan dampak  3.400      Gravitasi, jadi CSMU menerima beban sebesar 3.400 kali beratnya.
2.   Pin drop, peneliti menjatuhkan pin besi berukuran 0.25 inch seberat 227 kg, dari       ketinggian 3 m. dijatuhkan pada bagian yang dirasa ringkih ( mudah rusak )
3.  Static crush, ditumbukkan beban sebesar 5000 psi ke enam bagian utama titik axis selama 5  menit.
4.   Fire test, dengan pengetesan memakai fire burner bersuhu 1100 c selama 1 jam.
5.  Deep-sea submersion, dengan menempatkan pada tangki berisi air laut
bertekananselama 24 jam.
6.   Salt-water submersion, dengan ditempatkan pada tangki air laut selama 30 hari.
7.  Fluid immersion, ditempatkan pada jenis cairan penerbangan, termasuk bahan bakar pekat dan bahan kimia pemadam api.

Nah kebayang kan bagaimana perjuangan si CSMU sebelum dinyatakan layak untuk digunakan.




Foto Black Box Pesawat Sukhoi Superjet 100 Setelah Kecelakaan

Perhatikan gambar tersebut, walaupun kondisinya sudah gosong seperti itu, CSMU akan tetap selamat dan data di dalamnya nantiny yang akan membantu penyidik memperkirakan dan mengetahui apa penyebab pesawat tersebut mengalami kecelakaan.


Selain hal – hal yang sudah disebutkan diatas itu ada rahasia lain yang menyebabkan kenapa dalam sebuah kecelakaan pesawat CSMU ini selalu bisa selamat dari sebuah kecelakaan pesawat. Rahasianya adalah Black box biasanya diletakkan pada ekor pesawat . Kenapa begitu ?  karena Kebanyakan kecelakaan pesawat itu dampaknya dari kepala pesawat. Penjelasannya yaitu apabila pesawat jatuh kebanyakan kepala pesawat terlebih dahulu yang menyentuh daratan (walaupun belum tentu juga). Maka dari itu black box diletakkan di buntut atau ekor pesawat dengan harapan akan mengurangi dampak kerusakan yang diakibatkan dari kecelakaan pesawat tersebut.








Penutup

            Nah begitulah sdikit kisah tentang si Black Box. Salah satu komponen penting dari pesawat dalam dunia penerbangan. Kita berharap dengan ditemukannya black box pesawat Sukhoi Super Jet 100 oleh tim Kopassus, nantinya tim penyidik dapat mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada pesawaat naas tersebut hingga menyebabkan kecelakan yang menewaskan seluruh penumpang dan Kru penerbangan dalam pesawat itu.kita juga mendoakan bagi arwah para korban kecelakaan pesawat tersebut semoga diberi ketenangan, diampuni dosa – dosanya dan diterima amal ibadahnya selama ada di dunia ini. Kita juga mendoakan bagi keluarga yang dtinggalkan dapat menerima musibah ini dengan lapang dada dan semoga keluarga korban diberi ketabahan serta dapat menarik hikmah dari peristiwa ini. Amin….















DAFTAR PUSTAKA


http://170869.com/kontroversi-bocornya-rekaman-blackbox-adam-air-ke-public.htm
http://abta.blogdetik.com/2009/11/14/black-box/
http://abta.blogdetik.com/category/info-ringan/
http://id.wikipedia.org/wiki/Perekam_data_penerbangan
http://images.google.co.id/imglanding?q=black%20box%20pesawat&imgurl=http://i350.photob
ucket.com/albums/q419/arifkoseng/black-boxcutaway.
gif&imgrefurl=http://www.xpresi.us/showthread.php%3Ft%3D158&usg=__ESPzIJ8GI
dhZSmFgb7A14mCrIDI=&h=409&w=400&sz=32&hl=id&um=1&itbs=1&tbnid=hC4tKucZxh-
JAM:&tbnh=125&tbnw=122&prev=/images%3Fq%3Dblack%2Bbox%2Bpesawat%26um%3D1
%26hl%3Did%26client%3Dfirefoxa%
26sa%3DN%26rls%3Dorg.mozilla:id:official%26tbs%3Disch:1&um=1&client=firefoxa&
sa=N&rls=org.mozilla:id:official&tbs=isch:1&start=12#tbnid=xrNxsooCz1vzWM&start=48
http://mr-astroboy.artician.com/blog/2010/01/kotak-hitam-black-box-di-pesawat-yg-ternyataberwarna-
merah/
http://ntunkz.wordpress.com/2010/01/09/apa-sih-black-box-pesawat-itu/#more-1329
http://sauoni.multiply.com/journal/item/36/Rekaman_Black_Box_Pesawat_Adam_Air_-
_part_1_Pendapat_Pribadi_SauOni
http://tanyasaja.detik.com/pertanyaan/3034-kenapa-pesawat-ga-dibuat-kaya-blackboxhttp://
translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.kidcyber.com.au/topi
cs/blackbox.html
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.happynews.com/new
s/242008/airplane-black-boxes-survive-crashes.htm
http://wahdisblog.blogspot.com/2008/08/rekaman-black-box-adam-air-benar-atau.html
http://www.infopenerbangan.com/berita/internasional/1270-kotak-hitam-air-france-makin-sulitditemukan-.
html?tmpl=component&print=1&page=
http://www.xpresi.us/showthread.php?t=158
http://kuansing.com/2012/05/15/foto-black-box-pesawat-sukhoi-superjet-100-1641.aspx




Link Word : http://www.mediafire.com/?8812libfx58kxib

Tidak ada komentar:

Posting Komentar