12030111140221
Pengantar
Teknologi informasi dan komunikasi di milenium ini smakin pesat perkembangannya.
Manusia bisa dengan mudah berhubungan dengan manusia lain di berbagai belahan
dunia lain. Sebut saja misalnya melalui email, jejaring social macam facebook,
Tweeter dan lain-lain. Teknologi informasi dan komunikasi diciptakan manusia
dengan tujuan untuk membantu manusia mendapat informasi-informasi yang
dibutuhkannya untuk membantu kehidupannya. Teknologi informasi dan
komunikasipun berkembang dalam kegiatan penerbangan. Salah satu produknya
adalah Black Box. Siapa sih yang gatau
black box ??? Barang yang sangat dicari
oleh para kru relawan penyelamat selain jenasah para penumpang pada tragedi
kecelakaan pesawat Sukhoi Super Jet 100 pada rabu ( 9/5/2012 ) di Gunung
Salak. Apa itu black box ??? kenapa
begitu penting benda ini harus ditemukan dalam sebuah kecelakaan pesawat ??
dalam artikel ini saya akan sedikit mengupas dan berbagi informasi kepada para
pembaca mengenai black box dengan informasi yang saya dapatkan dari berbagai
sumber.
Sejarah
Singkat Black Box
Pada tahun 1953, David Warren seorang Ilmuwan Aeronautical Research Laboratory (ARL) di Australia, menggagas pembuatan sebuah alat perekam percakapan antara pilot dengan kru selama penerbangan. Hal ini terinspirasi saat sebuah pesawat jet jatuh di India dan tidak dapat diketahui penyebabnya.
Tahun 1957, David Warren merampungkan prototip alat tersebut yang diberi nama ARL Flight Memory. Alat ini mampu merekam data percakapan antara pilot dengan kru selama 4 jam. Namun sayangnya, pihak Australia tidak berminat utk mengembangkan alat tersebut. Sehingga pada tahun 1958 Sekretaris United Kingdom Air Registration Board merasa tertarik pada prototip mesin yg diciptakan oleh David Warren.
Warren beserta tim diminta oleh pihak Inggris membawa alat tersebut utk dikembangkan di Inggris. Alat tersebut disempurnakan dengan pembungkus kotak yang diberi nama CSMU (Crash Survivable Memory Unit). Kotak tersebut dari lempeng aluminium tipis, silika dan baja tahan karat sehingga mampu bertahan dalam berbagai keadaan ekstrim.
Alat tersebut akhirnya laku terjual ke banyak negara utk perlengkapan pesawat terbang, sehingga pada tahun 1960 negara Australia merupakan negara pertama yang menerapkan bahwa semua pesawat terbang harus memiliki Black Box.
Apa
itu Black Box ?
Kotak hitam atau black box adalah sekumpulan perangkat yang digunakan
dalam bidang transportasi - umumnya merujuk kepada perekam data
penerbangan (flight data
recorder; FDR) dan perekam suara
kokpit (cockpit voice recorder;
CVR) dalam pesawat terbang.
Nah
seperti apa sih bentuk black box itu ? ibarat kata pepatah, tak kenal maka tak
sayang, maka saya akan menampilkan gambar black box. Benda yang paling dicari
para relawan kru penyelamat selain jenasah para korban dalam sebuah kecelakaan
pesawat.
Apasih sebenarnya Fungsi black Box ?
Fungsi
dari kotak hitam sendiri adalah :
1.
Memberi akurasi dan koreksi terhadap kesalahan yang sering ditimpakan terhadap
kesalahan pilot atau kesalahan sistem
pesawat.
2.
Untuk menganalisis insiden kecelakaan supaya menjadi bahan pencegahan kesalahan
di kegiatan penerbangan selanjutnya.
3.
Sebagai bukti yang penting dan akurat di pengadilan apabila terjadi kecelakaan
pesawat berencana dan di selipi oleh
skandal.
4.
Mencatat data dari sejumlah sensor untuk memantau informasi seperti
percepatan, kecepatan, ketinggian,
posisi kontrol kokpit, termometer, pengukur mesin, aliran bahan bakar, permukaan atur posisi, status
autopilot, beralih posisi, dan berbagai parameter
lainnya
Walaupun dinamakan kotak hitam tetapi
sesungguhnya kotak tersebut tidak berwarna hitam melainkan berwarna jingga (oranye).
Kenapa Black Box justru berwarna Orange bukan
hitam sesuai namanya ?
"Black
box adalah sesuatu yang hitam, diartikan sesuatu yang mengandung misteri “
tidak serta merta black box itu berwarna hitam.
Kenapa warnanya oranye? Karena itu yang paling mencolok di mata. Menurut
Kasubag Pelayanan Investigasi dan Penelitian KNKT ( Komisi Nasional Keselamatan
Transportasi ), Moch Haryoko beberapa waktu lalu, warna oranye ini merupakan
standar yang telah ditetapkan International Civil Association Organization
(ICAO)
Nah sekarang pengetahuan kita
mengenai black Box sudah semakin luas kan ? lalu bagaimana sih cara kerja black
box dan kenapa black box tidak hancur ketika terjadi suatu kecelakaan pesawat
meskipun seluruh badan pesawat hancur berkeping – keping ?
Cara kerja
Black Box
Kotak Hitam atau Black Box ini adalah
media yang nama sebenarnya Flight Data Recorder (FDR) dan Cockpit Voice
Recorder (CVR) . Data dari CVR dan FDR disimpan di “memory board” di
dalam CSMU (crash-survivable memory unit). Di dalam recorder yang dibuat
oleh perusahaan yang bernama L-3 Communication, CSMU berbentuk silinder. Memory
board berukuran diameter 4.45 cm dan tinggi 2.54 cm. Memory board mempunyai
space yang dapat menyimpan 2 jam data audio CVR dan 25 jam data flight FDR. Ada
sensor yang mencatat kecepatan udara, ketinggian, setting kepakan sayap, suhu
luar, suhu kabin, tekanan dan lain-lainnya. Magnetic –tape recorders bisa mencatat
100 parameter dan solid-state recorders bisa mencatat 700 parameter. Data yang
terkumpul dikirim ke FDAU (Flight-data acquisition unit) yang terdapat di depan
pesawat terbang. Alat ini biasanya dijumpai di “electronic equipment bay” di
bawah kokpit. Unit “Flight-data acquisition “ adalah yang memanage keseluruhan
perekaman data dan melalui sensor mengirimnya ke “Black Box” Kedua Black box
mengambil sumber tenaga dari mesin pesawat. Generator 28 volt DC dan yang satu
115 volt, 400 Hz AC.
Yang
direkam Flight Data Recorder (FDR)
:
1. Waktu
2. Pressure altitude
3. Airspeed
4. Kecepatan vertical
5. Magnetic heading
6. Posisi “control-column”
7. Posisi “rudder-pedal”
8. Posisi “control-wheel”
9. Kestabilan horizontal
10. Aliran bahan bakar
CVR/VDR (Cockpit Voicer Recorder/Voice Data
Recorder) berisi tentang
semua rekaman suara antara pilot, co pilot dan semua kru penerbangan serta
suara mesin, suara lainnya yg berada di dalam cockpit.
Bagian –
bagian dari black box
Bagian
terpenting dari black box adalah CSMU kenapa dikatakan penting ? Karena Data
dari CVR dan FDR disimpan di CSMU ini. Dan data dari CSMU inilah yang nantinya akan memberi informasi dan membantu penyidik
untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada suatu pesawat hingga
menyebabkan pesawat tersebut mengalami kecelakaan. CSMU di desain untuk bertahan
dalam semua kondisi kecelakaan mulai dari panas, tekanan yang besar dan berbagai macam
keadaan paling ekstrim sekalipun . kenapa CSMU dapat bertahan dalam segala
kondisi ? Inilah rahasianya, CSMU
terdiri lapisan – lapisan yang didisain untuk melindungi memory di dalamnya
dari efek sebuah kecelakan pesawat.
Lapisannya
antara lain :
1. Bagian paling dalam yang membungkus memory
board menggunakan bahan dari alumunium, berdasarkan perbandingannya dengan
material lain, seperti silicon danperak, alumunium dianggap memberikan performa
yang lebih optimal. Alumunium dapat mengisolasi microchip dari bahaya kebakaran
parah dan panas bersuhu tinggi.
2.
Penyekat pelindung tekanan tinggi, dari material “dry-silica",
ketebalan 1 inchi yang melindungi dari suhu panas yang tinggi. Melidungi memory
board dari kebakaran waktu kecelakaan. Fungsi yang dimiliki penyekat ini sama
seperti bagian dalam CSMU, sebagai blok termal pelindung dari bahaya kebakaran
parah dan panas bersuhu tinggi
3. Pelindung stainless-steel, yang membalut
penyekat tadi dengan ketebalan 0.64 inch. Titanium dan baja juga dapat
digunakan pada bagian ini, dan hasilnya lebih baik. Pelindung CSMU sengaja di
buat dari material stainless-stell karena dianggap mampu untuk mengurangi
dampak kerusakan intens dan tekanan yang berlebih saat terjadinya kecelakaan.
Penggunaan stainless-steel juga dipengaruhi factor biaya yang lebih murah
CSMU dan
Letaknya di black box dan di pesawat
Mau
tau gimana tes - tes Pada CSMU yang dilakukan sebelum CSMU
dinyatakan memenuhi syarat untuk
digunakan ? dari berbagai sumber yang saya dapat tes – tes tersebut meliputi :
1. Crash
Impact, ditembakkan ke angkasa dengan meriam untuk mendapatkan
dampak 3.400 Gravitasi, jadi CSMU menerima beban
sebesar 3.400 kali beratnya.
2.
Pin
drop, peneliti menjatuhkan pin besi berukuran 0.25 inch seberat 227 kg,
dari ketinggian 3 m. dijatuhkan
pada bagian yang dirasa ringkih ( mudah rusak )
3. Static
crush, ditumbukkan beban sebesar 5000 psi ke enam bagian utama titik
axis selama 5 menit.
4.
Fire test, dengan pengetesan
memakai fire burner bersuhu 1100 c selama 1 jam.
5.
Deep-sea
submersion, dengan menempatkan pada tangki berisi air laut
bertekananselama
24 jam.
6. Salt-water submersion, dengan
ditempatkan pada tangki air laut selama 30 hari.
7.
Fluid
immersion, ditempatkan pada jenis cairan penerbangan, termasuk bahan
bakar pekat dan bahan kimia pemadam api.
Nah
kebayang kan bagaimana perjuangan si CSMU sebelum dinyatakan layak untuk
digunakan.
Foto
Black Box Pesawat Sukhoi Superjet 100 Setelah Kecelakaan
Perhatikan gambar
tersebut, walaupun kondisinya sudah gosong seperti itu, CSMU akan tetap selamat
dan data di dalamnya nantiny yang akan membantu penyidik memperkirakan dan
mengetahui apa penyebab pesawat tersebut mengalami kecelakaan.
Selain
hal – hal yang sudah disebutkan diatas itu ada rahasia lain yang menyebabkan
kenapa dalam sebuah kecelakaan pesawat CSMU ini selalu bisa selamat dari sebuah
kecelakaan pesawat. Rahasianya adalah Black
box biasanya diletakkan pada ekor pesawat . Kenapa begitu ? karena Kebanyakan kecelakaan pesawat itu dampaknya dari
kepala pesawat. Penjelasannya yaitu apabila pesawat jatuh kebanyakan kepala
pesawat terlebih dahulu yang menyentuh daratan (walaupun belum tentu juga).
Maka dari itu black box diletakkan di buntut atau ekor pesawat dengan harapan
akan mengurangi dampak kerusakan yang diakibatkan dari kecelakaan pesawat
tersebut.
Penutup
Nah begitulah sdikit kisah tentang
si Black Box. Salah satu komponen penting dari pesawat dalam dunia penerbangan.
Kita berharap dengan ditemukannya black box pesawat Sukhoi Super Jet 100 oleh
tim Kopassus, nantinya tim penyidik dapat mengetahui apa yang sebenarnya
terjadi pada pesawaat naas tersebut hingga menyebabkan kecelakan yang
menewaskan seluruh penumpang dan Kru penerbangan dalam pesawat itu.kita juga
mendoakan bagi arwah para korban kecelakaan pesawat tersebut semoga diberi
ketenangan, diampuni dosa – dosanya dan diterima amal ibadahnya selama ada di
dunia ini. Kita juga mendoakan bagi keluarga yang dtinggalkan dapat menerima
musibah ini dengan lapang dada dan semoga keluarga korban diberi ketabahan
serta dapat menarik hikmah dari peristiwa ini. Amin….
DAFTAR PUSTAKA
http://170869.com/kontroversi-bocornya-rekaman-blackbox-adam-air-ke-public.htm
http://abta.blogdetik.com/2009/11/14/black-box/
http://abta.blogdetik.com/category/info-ringan/
http://id.wikipedia.org/wiki/Perekam_data_penerbangan
http://images.google.co.id/imglanding?q=black%20box%20pesawat&imgurl=http://i350.photob
ucket.com/albums/q419/arifkoseng/black-boxcutaway.
gif&imgrefurl=http://www.xpresi.us/showthread.php%3Ft%3D158&usg=__ESPzIJ8GI
dhZSmFgb7A14mCrIDI=&h=409&w=400&sz=32&hl=id&um=1&itbs=1&tbnid=hC4tKucZxh-
JAM:&tbnh=125&tbnw=122&prev=/images%3Fq%3Dblack%2Bbox%2Bpesawat%26um%3D1
%26hl%3Did%26client%3Dfirefoxa%
26sa%3DN%26rls%3Dorg.mozilla:id:official%26tbs%3Disch:1&um=1&client=firefoxa&
sa=N&rls=org.mozilla:id:official&tbs=isch:1&start=12#tbnid=xrNxsooCz1vzWM&start=48
http://mr-astroboy.artician.com/blog/2010/01/kotak-hitam-black-box-di-pesawat-yg-ternyataberwarna-
merah/
http://ntunkz.wordpress.com/2010/01/09/apa-sih-black-box-pesawat-itu/#more-1329
http://sauoni.multiply.com/journal/item/36/Rekaman_Black_Box_Pesawat_Adam_Air_-
_part_1_Pendapat_Pribadi_SauOni
http://tanyasaja.detik.com/pertanyaan/3034-kenapa-pesawat-ga-dibuat-kaya-blackboxhttp://
translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.kidcyber.com.au/topi
cs/blackbox.html
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.happynews.com/new
s/242008/airplane-black-boxes-survive-crashes.htm
http://wahdisblog.blogspot.com/2008/08/rekaman-black-box-adam-air-benar-atau.html
http://www.infopenerbangan.com/berita/internasional/1270-kotak-hitam-air-france-makin-sulitditemukan-.
html?tmpl=component&print=1&page=
http://www.xpresi.us/showthread.php?t=158
http://kuansing.com/2012/05/15/foto-black-box-pesawat-sukhoi-superjet-100-1641.aspx
Link Word : http://www.mediafire.com/?8812libfx58kxib
Link Word : http://www.mediafire.com/?8812libfx58kxib







Tidak ada komentar:
Posting Komentar